12 Tips Proteksi Data untuk Bisnis dan Individu

Dengan serangan cyber menjadi lebih berorientasi pada pencurian data, sangat penting bagi bisnis dan individu untuk mengambil metode pencegahan ekstra ketika datang ke perlindungan data. Untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan data, Dewan Eropa memulai Hari Perlindungan Data Eropa pada tahun 2007. Pada tahun 2009, Dewan Perwakilan Amerika Serikat juga mengakui hari ini sebagai Hari Privasi Data Nasional atau Hari Perlindungan Data.

Dengan 2017 menjadi tuan rumah bagi beberapa pelanggaran data terbesar, telah menjadi jelas bahwa tidak hanya serangan yang meningkat jumlahnya (ransomware meningkat 2,502% pada tahun 2017), mereka juga menjadi lebih kuat. Data pribadi yang dibagikan di portal online atau disimpan di perangkat dapat menyertakan alamat rumah, detail bank, nomor jaminan sosial, kata sandi, dan informasi sensitif lainnya yang dapat digunakan oleh penyerang jahat.

 

Berikut ini beberapa kiat perlindungan data untuk membantu menyebarkan kesadaran dan menciptakan dunia maya yan aman: 

Tips Perlindungan Data untuk Bisnis:

Dengan munculnya ancaman baru dan tekanan pada organisasi dan bisnis oleh pemerintah melalui undang-undang seperti EU GDPR, sekarang saatnya bagi anggota dewan, eksekutif keamanan informasi, dan semua karyawan untuk mengadopsi langkah-langkah tertentu untuk melindungi informasi identitas pribadi (PII).

Perbarui Sistem dan Perangkat Lunak Anda: Tetap up to date dengan sistem operasi terbaru dan pembaruan perangkat lunak tambahan.

Enkripsi: Enkripsikan informasi rahasia yang dibagikan oleh karyawan, mitra, dan pelanggan.

Pembuatan Kata Sandi: Menegakkan penggunaan kata sandi yang kuat, dengan perubahan reguler dalam kata sandi setiap beberapa bulan.

Tidak Ada Koneksi Eksternal: Hindari penggunaan USB dan perangkat eksternal lainnya di sistem kantor Anda, yang dapat menerapkan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ini juga termasuk menggunakan portal USB untuk mengisi daya ponsel dan perangkat elektronik lainnya.

Pencadangan dan Pemulihan Data: Hubungi eksekutif keamanan informasi Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki cadangan data yang kuat dan prosedur pemulihan yang terus diperbarui.

Patuhi Hukum: Berusahalah untuk mengetahui persyaratan undang-undang setempat Anda dan pastikan teknologi dan kebijakan Anda sejalan dengan mereka.

 

Tips Perlindungan Data untuk Individu:

Keluarga dan individu juga bisa menjadi mangsa serangan maya jahat seperti email phishing, rekayasa sosial, dan ancaman media sosial. Satu klik pada tautan yang dikirim oleh penjahat cyber dapat menyebabkan hilangnya data sensitif atau pencurian identitas.

 

Berikut beberapa cara untuk tetap aman di dunia maya:

Hindari Tautan Tidak Diketahui: Jangan klik tautan yang tidak dikenal, meskipun pengirim email atau situs web tidak terlihat mencurigakan untuk Anda.

Buat Kata Sandi yang Berbeda: Gunakan kata sandi yang kuat dan berbeda di akun Anda. Merupakan praktik umum untuk menggunakan kata sandi yang sama di berbagai akun, sehingga mudah bagi penjahat cyber untuk mendapatkan akses ke bukan hanya satu akun, tetapi banyak.

Jangan Bagikan atau Simpan PII: Jangan pernah menyimpan informasi pribadi Anda di akun email Anda atau bagikan PII melalui email, pesan, atau aplikasi online.

Bacalah Fine Print: Selalu baca baik cetak sebelum memberikan informasi pribadi ke situs web apa pun, terutama saat melakukan pembelian online.

Hindari Akses yang Tidak Diperlukan: Pantau akses yang diberikan ke berbagai aplikasi pada ponsel Anda sebelum menginstalnya ke perangkat Anda.

Kewaspadaan Online: Hindari berbagi informasi pribadi apa pun di platform jejaring sosial, termasuk lokasi dan alamat email Anda.

 

Sumber:

https://www.carbonblack.com/2017/12/20/carbon-black-2017-threat-report-non-malware-attacks-ransomware-continue-spotlight/

logo

Based in Pekanbaru, Indonesia, EragonDigital provides high-level expertise in premium web design & development and digital marketing agency. We pride ourselves on creating an enjoyable and simplistic project development experience for our clients

Contact Us