Previous Next

Strategi Pengembangan Merek untuk Layanan Profesional Anda

Pemasaran adalah tentang berkomunikasi dengan audiens Anda dan Brand Development adalah proses yang sangat penting dan berkelanjutan. Anda tidak akan pernah bisa mengatakan bahwa Anda telah selesai mengembangkan strategi Brand Development Anda. Itu sebabnya sebagian besar pemilik bisnis fokus tentang Brand Development.

Bagaimana Brand Prouk Anda Mempengaruhi Bisnis Anda?

Brand Produk Anda ada di benak orang-orang. Bagaimana mereka berpikir dan merasakannya akan memiliki pengaruh besar pada banyak hal. Apakah mereka akan beralih dari audiensi ke pelanggan tergantung pada nilai Brand Produk Anda di benak mereka. Apakah mereka akan terus kembali ke produk atau layanan Anda? Itu tergantung pada keandalan Brand Anda.

Apakah mereka akan membagikan cerita Anda dengan komunitas mereka tergantung pada seberapa senang mereka dengan produk Anda. Dengan demikian, kita dapat lebih lanjut menyimpulkan bahwa branding memainkan peran penting dalam meningkatkan nilai produk Anda, selain memperluas basis pelanggan produk Anda dan membangun loyalitas di dalamnya.

Mari kita asumsikan bahwa Anda telah menyelesaikan langkah nol, yang akan menentukan produk atau layanan yang akan Anda jual. Kita akan menjelajahi langkah-langkah selanjutnya, satu per satu, masing-masing menggambarkan aspek kunci dari proses.


Inilah Strategi Brand Development:

01. Identifikasi Target Audiens Produk Anda

Anda tahu apa yang akan Anda jual, dan Anda memiliki ide bagus tentang apa yang ingin Anda katakan. Namun, Anda perlu memahami siapa sebenarnya yang perlu mendengarnya. Pendapat audiens target Anda adalah yang paling relevan karena akan mempengaruhi bisnis Anda dan pengembangan merek dengan cara yang paling relevan dan langsung.

Cobalah untuk memikirkan sebanyak mungkin karakteristik pelanggan potensial Anda. Ini dapat mencakup, misalnya, kategori sosiodemografi, perilaku, minat, nilai, dan sebagainya. Setelah itu, cobalah untuk memvalidasi asumsi Anda melalui penelitian, baik online maupun offline.

Anda dapat memperoleh data dengan menjelajahi forum yang relevan, media sosial, melakukan survei. Jelas, Anda akan melakukan semua ini dengan hasil akhir dari menciptakan persona pelanggan rinci yang akan memandu strategi pemasaran dan branding masa depan Anda.

Idenya adalah bahwa sekali Anda memiliki deskripsi profil terperinci tentang orang-orang yang akan tertarik untuk membeli apa yang Anda jual, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mendekati mereka dan bagaimana membangun citra positif dalam pikiran mereka tentang apa yang Anda sedang dilakukan

 

02. Tetapkan Misi Dan Visi Anda

Dalam bisnis, setiap kegiatan memiliki atau harus memiliki tujuan, dan tujuan bersama yang harus dicapai oleh semua transaksi bisnis gabungan Anda didefinisikan sebagai pernyataan misi Anda. Harus ada alasan yang jelas untuk masuk ke bisnis, selain dari sekadar "menghasilkan uang."

Namun, alasannya harus beresonansi dengan audiens target Anda. Mungkin Anda mencoba memecahkan masalah tertentu atau meningkatkan kesejahteraan kelompok tertentu dengan apa yang Anda tawarkan.

Seperti apa dan bagaimana keadaan setelah Anda mencapai tujuan Anda disebut pernyataan visi. Sementara Anda akan menggunakan misi Anda untuk menarik nilai-nilai dan kepercayaan orang, Anda akan menggunakan visi Anda untuk membuat koneksi dengan harapan dan impian orang.

Pernyataan singkat ini harus menjadi dasar untuk proses branding produk Anda karena semua aktivitas yang mengikuti harus sejalan dengan mereka sampai batas tertentu. Selain memberi tahu Anda apa yang harus Anda lakukan, mereka juga dapat memberi tahu Anda apa yang tidak boleh dilakukan.

 

03. Identifikasi Dan Analisis Kompetitor Anda

Analisis kompetitif adalah proses mengevaluasi perilaku pesaing Anda untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang posisi mereka di pasar dan kegiatan yang memungkinkan mereka melakukannya.

Anda akan melihat konten mereka yang bisa berupa apa saja dari deskripsi situs web mereka hingga posting blog hingga pernyataan PR, dan menarik kesimpulan tentang bagaimana hal itu membantu mereka mencapai tujuan pengembangan merek dan bisnis mereka.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk selalu melangkah lebih jauh dalam analisis Anda. Jika Anda melihat tindakan tertentu yang memberikan hasil, coba cari tahu masalah mendasar apa yang ingin mereka selesaikan. Apa kondisi tepat yang memungkinkan aktivitas mereka untuk meningkatkan status brand mereka?

Setelah Anda melihat apa yang ada, Anda mungkin menemukan inspirasi untuk menanggapi topik diskusi serupa dengan cara yang paling sesuai dengan misi dan visi Anda. Jangan abaikan informasi tentang kesalahan pesaing Anda. Terkadang menganalisis kegagalan dan kecelakaan bisa sama bermanfaatnya.

Terakhir, pastikan untuk menghindari meniru atau secara langsung menyalin apa yang dilakukan pesaing Anda dengan cara apa pun!

 

04. Tentukan Identitas Produk Anda, Desain Nama Dan Logo

Biasanya, ketika orang memikirkan istilah merek, ini adalah langkah yang mereka pikirkan. Sangat mudah untuk memahami mengapa beberapa orang percaya itu adalah aspek terpenting dari strategi brand development. Namun, tidak membuat fondasi yang tepat untuk itu akan menjadi setara dengan melemparkan anak panah dengan penutup mata. Itu tidak masuk akal dan ditakdirkan untuk berakhir dengan buruk.

Ingatlah segala sesuatu yang Anda temukan dan tentukan dalam langkah-langkah sebelumnya, cobalah untuk memikirkan nama yang berkesan, singkat dan terhubung secara rasional ke produk atau layanan yang Anda sediakan. Setelah Anda memutuskan dengan tegas bagaimana orang akan memanggil produk Anda, Anda dapat beralih ke desain logo.

Anda dapat membuat logo sendiri, menggunakan alat Pembuat Logo  yang ada, untuk membuat logo lebih murah dan lebih mudah diakses sepanjang tahun, tetapi untuk hasil terbaik, Anda pasti ingin berkonsultasi dengan profesional. Ini adalah jenis investasi yang sulit untuk dikenakan harga karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang dapat Anda lakukan dengan logo yang lebih baik, tetapi Anda seharusnya tidak pernah mengalami kejatuhan dengan memiliki Logo  yang buruk.

 

05. Sesuaikan Strategi Pemasaran Produk Anda

Sekarang setelah Anda menyelesaikan semua langkah sebelumnya untuk strategi brand development, sekarang saatnya untuk memikirkan gambaran yang lebih besar dan bertindak sesuai dengannya. Warna dan gaya logo produk Anda akan menentukan keseluruhan tampilan merek produk Anda, yang berarti mereka harus tercermin dalam semua aspek bisnis Anda.

Produk Anda, desain situs web, halaman media sosial - semuanya perlu diselaraskan agar sesuai dengan niat awal brand development, untuk mencapai konsistensi dan membangun asosiasi positif di benak pelanggan Anda.

Aspek penting lain dari strategi brand development adalah menyesuaikan dan merencanakan konten produk Anda sehingga akan sejalan dengan misi dan pernyataan visi produk Anda. Menemukan suara merek produk Anda adalah komponen penting dari langkah ini karena akan memandu semua kegiatan pemasaran produk Anda saat ini dan di masa depan.

Semua konten produk Anda harus sejalan dengan apa yang Anda definisikan sebagai suara produk Anda. Itu berarti hal-hal seperti desain dan salinan situs web Anda, deskripsi produk, posting media sosial, bahkan wawancara podcast. Secara alami, semua ini perlu diproduksi dengan serangkaian ide tertentu dalam pikiran. Anda dapat mengikuti panduan praktis ini untuk membuat identitas merek produk Anda.

Setelah Anda memahami setiap dan setiap langkah dari strategi brand development, Anda perlu mempertimbangkan fase yang saling terkait. Fase-fase ini adalah jaringan yang terjalin, diikat bersama sedemikian rupa sehingga melakukan pekerjaan di satu area akan memberi Anda ide tentang beberapa lainnya.

Keuntungan utama adalah bahwa Anda tidak perlu takut untuk mundur selangkah jika Anda merasa perlu. Anda mungkin memiliki visi besar atau misi mulia. Namun, jika Anda tidak dapat menemukan target audiens untuk apa yang Anda jual, Anda harus melakukan beberapa perubahan pada langkah sebelumnya.

Terkadang, Anda bisa mendapatkan hasil terbaik jika Anda menggabungkan langkah-langkah atau mengerjakan beberapa dari mereka secara bersamaan. Misalnya, menganalisis konten dan aktivitas pesaing Anda dapat memberi tahu Anda banyak tentang target audiens produk Anda, dan sebaliknya.

 

Muhammad Ridho, ST

Digital Marketing Specialist di Eragon Digital Company | Mahasiswa Pascasarjana Sekolah Bisnis IPB

logo

Based in Pekanbaru, Indonesia, EragonDigital provides high-level expertise in premium web design & development and digital marketing agency. We pride ourselves on creating an enjoyable and simplistic project development experience for our clients

Contact Us